Dengarkan Curhatq Tentang.... HTML & Tahu Isi......

Teknologi dan Internet saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sesuai dengan kemajuan zaman. Teknologi ini mampu menghubungkan hampir semua komputer yang ada di dunia sehingga bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Dengan teknologi ini manusia lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan sebuah informasi. Bentuk informasi yang didapatkan dari teknologi internet dapat berupa data teks, gambar, video dan suara. Perkembangannya demikian cepat sehingga banyak masyarakat yang mungkin enggan mengikutinya. Mungkin karena kurangnya informasi dan pengetahuan pemahaman mereka tentang pentingnya teknologi internet saat ini.


Dengan memasuki teknologi internet kita bisa mengetahui berita-berita yang ada di seluruh dunia yang terhubung dengan komputer. Kita bisa mengambil data berupa informasi lewat internet, yang dinamakan dengan istilah download bahkan kita bisa memasukan data atau memberikan informasi kepada siapa saja lewat internet, yang dikenal dengan istilah upload. Tentu saja hal itu harus memanfaatkan fasilitas-fasilitas dan layanan yang terdapat di dalam internet. Dari sekian banyak fasilitas dan layanan yang disediakan di internet, layanan berbasis web menjadi layanan yang paling banyak digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.


Aplikasi atau layanan lainnya yang ditawarkan di internet, antara lain :

· Email yaitu suatu aplikasi dengan kemampuan untuk membuat , mengirim, dan menerima surat elektronik.

· News yaitu suatu forum khusus yang dinamakan newsgroup, dimana usernya memiliki hobi di bidang yang sama dan dapat saling tukar-menukar informasi.

· File Transfer dengan menggunakan program FTP, memungkinkan pengguna internet untuk mentransfer file mesin.

· World Wide Web memberikan layanan dalam bentuk halaman-halaman informasi yang berisi teks, gambar, suara dan bahkan video kepada para pengguna internet.


Layanan berbasis web

Layanan berbasis web yang biasa digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat contohnya email atau surat elektronik.

Beberapa layanan berbasis web lainnya seperti Yahoo.com, Google.co.id, Plasa.com membuka layanan email sehingga masyarakat pengguna internet bisa membuat email dihalaman website yang telah disediakan untuk kepentingan pekerjaan, berkomunikasi dengan teman atau kepentingan lainnya.

Situs-situs di internet seperti situs berita atau situs olahraga, itu juga merupakan layanan internet berbasis web. Sebenarnya tidak harus berbasis web, kita bisa membuat layanan informasi di internet berbasiskan sms atau teks biasa tetapi jika dibandikan dengan layanan berbasis sms, ada banyak kelebihan web daripada layanan berbasis lainnya. Layanan berbasis web dapat memberikan banyak informasi karena jumlah karakternya yang tidak terbatas dibanding layanan internet berbasiskan sms.


Sekilas Tentang World Wide Web

World Wide Web merupakan aplikasi layanan baru yang muncul pada awal tahun 1990. Aplikasi ini merupakan fasilitas di internet yang paling disukai saat ini. Dengan adanya fasilitas ini internet jauh lebih baik karena memberikan layanan kepada para pengguna internet dalam bentuk halaman-halaman informasi dengan penampilan yang canggih yang berisi teks, gambar, suara dan video, yang dilengkapi juga dengan link untuk menghubungkan dengan halaman lain. Selain itu filenya bisa disimpan dari satu komputer ke komputer lain dimana saja dengan mudah dan cepat. Bahkan dengan dengan adanya fasilitas ini, kita bisa menyimpan data di server tempat menyimpan data tersebut. Istilah untuk penitipan data di server dikenal dengan nama hosting. Apabila kita telah mempunyai tempat dihosting dan telah memiliki IP address yang didaftar, kita bisa gunakan hosting tersebut setelah mendaftar dan memesan Domain Name Service (DNS) seperti COM, NET, ORG dan sebagainya. Tujuan DNS yaitu memetakan nomor-nomor IP mesin menjadi suatu nama yang unik agar mudah diingat.


Mengenal HTML

Informasi yang disediakan di halaman web merupakan suatu dokumen yang mempunyai link (hubungan) ke halaman atau mesin lain di Internet. Hubungan atau link antar document dikenal dengan istilah internal link, sedangkan hubungan ke document lain di salah satu mesin atau server dalam internet dikenal dengan istilah eksternal link. Dalam dokumen yang mengandung link biasanya ditandai dengan warna atau garis bawah, suatu document text bukan hanya bisa di link pada text saja tetapi bisa juga berupa gambar, audio bahkan file video. Konsep hubungan atau link antara dokumen atau alamat page itulah yang dikenal dengan istilah Hypertext. Sedangkan dokumen yang mendukung hypertext itu adalah dokumen HTML.

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language merupakan bahasa pemrograman standar yang digunakan di lingkungan berbasis web. File ini biasanya disimpan dengan ekstensi atau akhiran HTML atau HTM saja. File HTM atau HTML ini sama untuk semua system operasi. Seperti Windows, Linux, Unix dan sebagainya.

Dokumen ini memuat instruksi-instruksi khusus yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan istilah Tag tertentu. Penulisan dokumen html ini harus dimulai dengan penulisan tag dan diakhiri juga dengan penutupan tag atau tag penutup. Sebagai contoh untuk memulai penulisan document HTML, penulisannya harus diawali dengan tanda dan diakhiri dengan tanda . Tanda digunakan untuk mengaktifkan intruksi bahwa dokumen itu akan dieksekusi dalam format HTML kemudian diakhiri tanda gunanya untuk mengakhiri penulisan dalam format html.



Nawir akan mencari inspirasi lagi.......








Share this post
2 Responses to " "
  1. Skydrugz Says:

    cuma ini?

  1. Bulbekz Says:

    seperti apa yang ko mau..?

Profil Saya

Foto saya
Belajar, Semangat itu kan tetap ada

statistik